Sunday, November 23, 2008

PENCAK SILAT PUTRA PAJAJARAN JASINGA

PENCAK SILAT PUTRA PAJAJARAN JASINGA


Berkedudukan di Desa Bagoang Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor. Dewan Guru Pencak Silat Putra Pajajaran Jasinga adalah Bpk. Ukay dan dibantu oleh Bpk. Jahroni, Bapak Odih, dll. Aliran Pencak Silat ini diantaranya : Cimande, Sera (Aliran silat asli dari Jasinga Kab. Bogor), Cikalong, Depokan dan Beksi.

Pencak Silat Putra Pajajaran ini banyak melahirkan murid-murid yang sudah membuka cabang perguruan di berbagai negara, diantaranya : Amerika Serikat dan Belanda. Salah satu murid Bpk. Ukay di Jasinga yang sering memperagakan Aliran Pencak Silat Sera adalah Bpk. Odih yang notebene masih kerabat dekat Bpk. Ukay. Gerakan-gerakan silat Sera ini terbilang unik.

Saat ini, Pencak Silat Putra Pajajaran Jasinga sering ditampilkan pada acara-acara pernikahan, khitanan, pagelaran seni di daerah lingkungan Kecamatan Jasinga, serta terkadang diundang ke daerah luar Kecamatan Jasinga.

Pencak Silat Putra Pajajaran Jasinga membuka diri kepada siapa saja yang ingin belajar seni tersebut.

Pada era globalisasi ini, minat dan kepedulian masyarakat terhadap seni Pencak Silat Putra Pajajaran ini begitu minim, sehingga membutuhkan perhatian yang lebih dari berbagai pihak untuk melestarikan seni budaya tradisional yang sungguh tak ternilai harganya sebagai warisan untuk anak cucu kita dimasa yang akan datang

Jasinga, 1 Mei 2008

Andri Mirwan Fachri
(Kalakay Jasinga)




No comments:

Post a Comment