Uga Jasinga

"Dina hiji mangsa bakal ngadeg gedong hejo anu bahanna aya di leuwi curug, leuwi sangiang jeung nu sawarehna aya di girang. Ciri ngadegna gedong hejo lamun tilu iwung geus nangtung nu engke katelahna awi tangtu. Didinya bakal ngadeg gedong hejo di tonggoheun leuwi sangiang" * TiKokolot Jasinga*.

KASEPUHAN ADAT CIPATAT DAN SIHUUT

Kasepuhan Adat SUNDA

Kita banyak mengenal beberapa Kasepuhan atau Kampung Adat yang tersebar di sekitar wilayah Tatar Sunda. Seperti Kanekes, Ciptagelar, Cisungsang, Kampung Naga dsb.

Tetapi kita jarang sekali mengetahui atau bahkan tidak pernah sama sekali mendengar tentang kedua kampung ini yaitu Cipatat Kolot dan Sihuut yang letaknya berada di Bogor bagian barat. 

Mungkin orang lebih mengenal Kampung Adat Urug daripada kedua kampung tersebut diatas. Namun menurut Kokolot Kasepuhan Adat Cipatat Kolot dan Sihuut, bahwa Kampung Urug adalah bagian dari Kasepuhan Cipatat Kolot. Dan menganggap Kasepuhan Cipatat Kolot sebagai Saudara tertua dari Kampung Urug dan Sihuut. 

Karena segala nasehat dan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan ritual Adat biasanya ditentukan oleh kasepuhan Adat Cipatat Kolot.

Letak Kasepuhan Cipatat Kolot tidak jauh dari Kampung Urug yang berjarak kurang lebih 3 Km ke arah selatan menuju kawasan pegunungan Halimun. Kasepuhan ini dipimpin oleh seorang Kokolot yang bernama Abah Acim. Tradisi yang masih berlangsung bertahan di kampung ini adalah: Ponggokan, Serentaun, Ziarah Salembur dan sebagainya.

Letak Kasepuhan Sihuut berada di wilayah barat daya dan berada di sebuah lembah dekat dengan aliran sungai Cibarengkok dan bendungan Congcorang, Kampung ini dipimpin oleh Kokolot Abah Sahim. Tradisi yang masih bertahan sama dengan Kasepuhan Adat Cipatat Kolot. Terkecuali untuk tradisi Serentaun apabila hasil panen Kasepuhan Sihuut sedikit, biasanya acaranya disatukan dengan Kasepuhan Adat Cipatat Kolot.


Kalakay Jasinga, September 2009





Tidak ada komentar:

Posting Komentar