Uga Jasinga

"Dina hiji mangsa bakal ngadeg gedong hejo anu bahanna aya di leuwi curug, leuwi sangiang jeung nu sawarehna aya di girang. Ciri ngadegna gedong hejo lamun tilu iwung geus nangtung nu engke katelahna awi tangtu. Didinya bakal ngadeg gedong hejo di tonggoheun leuwi sangiang" * TiKokolot Jasinga*.

CIKAL BAKAL KABUPATEN LEBAK

CIKAL BAKAL KABUPATEN LEBAK 


Pada masa Maulana Yusuf (1570-1580) wilayah kesultanan Banten membentang dari pesisir utara sampai wilayah pedalaman termasuk wilayah Pakuan Pajajaran yang ditaklukan Banten dan dibantu Cirebon pada tahun 1579. Para ponggawa Pajajaran yang ditaklukan kemudian diislamkan dan dibiarkan memegang jabatannya semula, dengan demikian gangguan yang dikhawatirkan datang dari pajajaran sudah berkurang.

Namun menurut sumber setempat (jagat pakidulan) atau Bayah yang sekarang menjadi Kabupaten Lebak dulunya daerah tersebut tidak aman karena masih sering terjadi kekacauan. Untuk mengamankan Jagat Kidul Penguasa Banten memerintahkan Dalem Jasinga Rd. Mas Tirta Kusumah untuk mengamankan daerah selatan ini.

Untuk melaksanakan perintah penguasa Banten, Dalem Jasinga pindah dari Jasinga (Bogor) ke Bayah yang diikuti oleh seluruh perangkat pemerintahannya. Sementara itu dengan pindahnya Jasinga ke Bayah maka status jasinga berubah menjadi setingkat kademangan. Jadi menurut sumber lokal Cikal bakal Kabupaten Lebak berasal dari Jasinga dan pertama kali memerintah Jagat Kidul (Bayah). Didaerah ini terdapat petilasan yang diyakini sebagai makam Rd. Mas Tirta Kusumah.

Kalakay Jasinga

No comments:

Post a Comment