Sering Diilikan

Thursday, March 3, 2016

MONUMEN KABUPATEN BOGOR PERTAMA



Bila pergi ke Jasinga jangan lupa untuk singgah ke Monumen Kabupaten Bogor Pertama yang berada tepat di samping Kantor Kepala Desa Pamagersari Kecamatan Jasinga, lokasi monumen ini juga berada di depan SMP Negeri 1 Jasinga, Mesjid Raya Jasinga, Kantor Pos Jasinga dan Kecamatan Jasinga. Jadi tidak ada salahnya untuk mengenang masa lalu terutama pada masa tahun 40an. 

Selintas apabila kita melewati monumen ini tidak akan terlihat karena tidak ada tanda. Bila kita ingin melihat monumen ini harus melewati pintu masuk Kantor Kepala Desa Pamagersari dan belok kanan menuju lokasi. Monumen ini hanya berupa batu setinggi kurang lebih 50 cm diukir dengan tulisan yang berbahasa indonesia yang ditandatangani pada tahun 1979 oleh H. Ayip Rughby, Bupati kdh tk. 2 Bogor. Mari kita lihat tulisannya :



Pada tanggal 1 april 1948 di Jasinga

Didirikan pemerintahan sipil kabupaten

Bogor untuk mengimbangi reg.

Buitenzorg buatan belanda di bogor

Bupati pertama mayor R. Soemarna

Bupati kedua R. Ipik Gandamanah

Patih R.E. Abdoelah



Jasinga 31 Desember 1979



Bupati kdh tk.2 bogor

H. Ayip Rughby


Oleh orang Jasinga daerah ini disebut dengan Mear yang berarti Pacet (Binatang semacam lintah). konon katanya di daerah ini banyak sekali terdapat pacet. Di Mear ini juga terdapat cerita dari kokolot Jasinga bahwa pernah terjadi pembantaian penduduk pribumi pada zaman Jepang yang mayat-mayatnya dikuburkan disini.

Di bawah SMP Negeri 1 Jasinga terdapat lapangan sepak bola disebut dengan Lapangan Mear. Konon katanya di daerah Mear ini dahulu kala ada sebuah lapangan tempat berlatihnya Munding Laya untuk pertarungan sayembara ke Palembang.  

Setelah berkunjung ke Monumen Kabupaten Bogor Pertama ini juga tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Taman Makam Pahlawan Jasinga yang lokasinya sekitar satu kilo ke arah barat. Sebagai penerus bangsa yang tidak melupakan jasa perjuangan para pahlawan mari kita mengenang jasa jasa beliau-beliau yang mempertaruhkan harta dan nyawanya pada masa itu. MERDEKA ...

No comments:

Post a Comment