Sering Diilikan

Wednesday, March 9, 2016

MAKAM TUA KAMPUNG BARANGBANG KI BUYUT SAMPIR

MAKAM TUA KAMPUNG BARANGBANG

Kampung Barangbang Desa Wirajaya Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor Propinsi Jawa Barat terletak di koordinat 6°30'6"S   106°24'40"E sebelah Barat Kecamatan Jasinga berbatasan dengan Propinsi Banten. Lokasi makam tua Barangbang tidak jauh dari Kampung Barangbang Jalan (Girang) Jasinga, kira-kira 500 meter masuk ke dalam area perkebunan dan kebun rakyat. 

Dalam kamus Jonathan Righ "A Dictionary Of The Sunda Language Of Java" disebutkan bahwa  Barangbang berarti daun kelapa atau daun pinang yang mengering dan berwarna merah lalu jatuh ke tanah. 

Di dalam kompleks makam yang dinaungi pohon-pohon tinggi dan besar terdapat beberapa batu nisan dengan bentuk seperti gada dan pipih dengan berbagai macam motif atau ukiran. Tinggi nisan bervariasi dari 30 cm hingga 70 cm dengan kondisi sebagian telah rusak karena faktor alam dan kerbau digembalakan melintasi kompleks makam. 

Menurut salah satu sesepuh kampung Barangbang Girang, Aki Sartam, diantara batu nisan tersebut terdapat makam tokoh ulama yang bernama Ki Buyut Sampir yang konon beliau adalah murid Syeh Mansur Cikadueun (Pandeglang Banten) karena kala itu wilayah Jasinga masih termasuk dalam wilayah Kesultanan Banten.

Dahulu sekitar 100 meter dari kompleks makam terdapat sebuah kampung bernama Barangbang yg dialiri sebuah sungai tetapi sejak kurun tahun 1970-1980-an perlahan-lahan penduduk mulai pindah ke dekat jalan raya (Girang).






- KALAKAY JASINGA -

Beunang Guguru ka Gunung, Beunang Nanya ti Guriang

Pernah di Posting di Facebook

No comments:

Post a Comment